Belajar sejatinya adalah satu hal yang harus dilakukan oleh semua orang. Tidak terbatas hanya pada siswa atau mahasiswa saja.

Tentu saja, belajar itu tidak mudah karena banyak sekali gangguan teknis dan nonteknis. Bahkan, tidak jarang semangat belajar Anda turun karena gangguan tersebut.

Untuk membantu Anda meningkatkan semangat belajar, berikut 3 kiat yang layak Anda ketahui.

1. Pahami Apa Hakikat Belajar

Dalam melakukan sesuatu supaya dapat berjalan secara terencana, terkonsep, dan rapi, maka terlebih dahulu Anda harus memahami apa itu hakikat belajar. Demikian halnya dengan belajar.

Tanyakan pada diri Anda beberapa pertanyaan berikut dan biarkan diri Anda sendiri yang menjawabnya:

  • Mengapa Anda harus belajar?
  • Akankah hidup Anda menjadi lebih baik dengan belajar?
  • Apa dampak negatif yang akan terjadi bila Anda malas atau tidak belajar?

Ketiga pertanyaan tersebut hanyalah sekadar contoh kecil agar Anda semakin mengenal hakikat belajar. Saran saya, tambahkan lagi beberapa pertanyaan pada daftar yang telah Anda buat agar Anda semakin mantap dalam memahami apa sebenarnya hakikat belajar.

2. Buat Daftar Motivasi Belajar

Untuk meningkatkan gairah dan semangat dalam melakukan sesuatu, tentunya Anda membutuhkan sebuah dorongan untuk dapat lebih bertenaga dalam melakukannya. Itulah yang disebut sebagai motivasi.

Seseorang akan membutuhkan banyak motivasi dalam melakukan sesuatu agar lebih bersemangat dalam melakukannya, tak terkecuali dalam hal belajar.

Buatlah hal-hal yang menjadi motivasi Anda agar semakin semangat dalam belajar. Perhatikan contoh daftar motivasi belajar berikut:

  • Saya ingin lulus kuliah tepat waktu
  • Saya ingin menjadi mahasiswa berprestasi
  • Saya ingin mahir dalam bahasa Inggrus
  • Saya ingin menjadi karyawan berkarier cemerlang
  • Saya ingin menjadi entreprenuer sukses
  • Saya ingin sukses di usia muda

Silahkan buat daftar motivasi belajar Anda secara spesifik. Jangan ragu atau malu karena motivasi tersebut untuk Anda sendiri.

Ingat, semakin spesifik motivasi belajar Anda, maka dorongan atau semangat belajar Anda akan semakin besar.

3. Ingatlah Orang Tua Anda

Jika Anda sedang sekaolah atau kuliah, ingatlah selalu orang tua Anda yang selama ini telah melakukan apa yang mereka bisa untuk pendidikan Anda.

Mereka tentunya rela memberikan separuh hidup mereka untuk bekerja keras demi Anda bisa bersekolah atau kuliah.

Jangan sia-siakan pengorbanan itu dengan banyak bermain dan bermalas-malasan. Jadikan perngorbanan orang tua Anda sebagai pemicu semangat belajar Anda dan bahagiakan hari tua mereka dengan keberhasilan yang telah Anda capai.

Demikianlah 3 kiat untuk membantu Anda meningkatkan semangat belajar. Sesungguhnya, belajar dalam artian luas adalah kewajiban kita semua untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari. Selamat belajar dan semoga artikel ini bermanfaat.

Back to home page